Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Mengetik Arab di Windows 7

       Teknologi semakin hari semakin maju, penemuan demi penemuan dari berbagai bidang semakin memanjakan kehidupan manusia. Teknologi lambat laun telah mempermudah segala pekerjaan, dari yang hal-hal sepele sampai pekerjaan yang berat, termasuk juga dalam hal tulis menulis.

       Saya adalah seseorang yang sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, beritanya maksudnya. Ketika masih berseragam MTs dulu, saya sangat mengidam-idamkan memiliki sebuah komputer untuk mengerjakan tugas, namun apa daya tangan tak sampai hiks hiks (curcol).

        Setelah sekitar sepuluh tahun (tua dong) :D barulah harapan itu terwujud, sebuah laptop seken dibeli dengan seluruh uang tabungan :D plus subsidi dari kuitan binian :D Dari laptop tua merk HP Compaq 510 inilah eksplorasi dimulai…. He he

       Hal yang paling bermanfaat sampai sekarang, dan sangat membantu aktifitas saya sebagai guru di Pesantren adalah kemampuan mengetik huruf arab (Arabic), karena pengetikan Arabic tidak semua orang mengusai, walaupun semua komputer ber-OS Windows 7 sudah mendukung pengetikan huruf arab. Selain karena latar belakang pendidikan, penggunaan huruf arab juga tidak sebanyak penggunaan hurup latin. Kemampuan pengetikan huruf arab ini, sangat membantu dalam penulisan buku-buku, surat menyurat, soal ulangan, dan lainnya karena saya mengajar di pesantren yang berbasis kitab klasik berbahasa arab.

      Pengesetan arabic di Windows 7 sangat mudah, dan sudah tersebar banyak di Syekh Google Al-Intarnity Al-Amiriky… Silahkan dicari sendiri kalau penasaran…

        Tapi tidak ada salahnya saya juga menulis artikel tentang hal ini, karena kepengen aja, boleh kan??…

Pertama masuk ke >> Control Panel


>> Clock, Language, and Region >> Change keyboard or other input methods



Pilih pada tab [Keyboards and Languages] klik >> Change keyboards


Pada tab [General] klik >> [Add]


Klik pada [+] Arabic (Saudi Arabia) [+] Keyboard  ceklis di [√] Arabic 101 >>OK   >>OK


Komputer anda sudah bisa mengetik huruf arab, setting keyboard ada di panel bawah kanan


Silahkan pilih menjadi AR Arabic, atau silahkan tekan Shift+Alt untuk mengganti keyboard.

     Dan cobalah dengan aplikasi Microsoft Word. O ya, perlu waktu cukup lama, agar terbiasa dan menguasai pengetikan Arabic, apalagi keyboard standar yang kita gunakan tidak ada symbol arabicnya. Bisa kita atasi dengan memunculkan keyboard layar. Caranya klik tombol Windows, ketik keyboard pilih On-Screen Keyboard, maka akan muncul keyboard di layar.



Semoga bermanfa'at...
وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Cempaka, 27 Desember 2016 M/ 27 Rabi'ul Awwal 1438 H

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mengetik Arab di Windows 7"

Posting Komentar